-->

Cara Mengetahui Pencuri Artikel di Blog Kita (Tukang Copy Paste)

Portal Tricks - Cara Mengetahui Siapa Pencuri yang Copas Artikel Kita


Sob, sebagai sesama blogger, gimana perasaan sobat kalau ada PENCURI yang copas tulisan kita? Dia mengambil artikel di blog-blog kita tanpa mencantumkan sumbernya? (Yah, namanya aja mencuri, jadi mereka nggak kasih sumber artikel dong! :v) Geram? Marah? Kalau iya, SAMA! Ane juga geram dan marah, Sob! Sakitnya tuh di sini!!!

Waktu itu secara nggak sengaja ane nemu suatu blog yang di dalamnya ada salah satu artikel yang udah ane tulis dengan susay payah, Sob! Itu baru satu artikel yang ane temukan secara nggak sengaja. Lalu bagaimana dengan artikel-artikel ane yang lain? Jangan-jangan dicuri juga? Dicopas mentah-mentah tanpa edit terlebih dahulu? 

Sob, ayo kita lawan para pencuri artikel kita! Dalam tulisan ane kali ini, ane mau sharing gimana cara mengetahui siapa pencuri yang copas artikel kita! Ntar kalau udah ketemu, enaknya kita apain dia supaya kapok? (Dipikir dulu kira-kira apa hukuman bagi para pencuri ya, Sob!)

Sekarang kita bahas dulu cara mengetahui siapa yang copas artikel di blog kita.
Caranya adalah sebagai berikut:

1) Sobat masuk aja ke situs yang menyediakan jasa cek plagiarisme. Misalnya ane contohkan copyscape. Sobat masuk aja ke copyscape. <<< klik aja.

2) Langkah selanjutnya, masukkan URL dan klik GO!!!

Gambarnya sepeti ini, Sob

portal tricks
3) Cermati hasil analisa dari copyscape, Sob!

Udah ketemu PENCURINYA SOB??!

Selain ke copyscape, sobat bisa juga cek siapa pencuri artikel/tukang copas artikel di blog Sobat di situs-situs berikut ini!

1. Plagiarism checker.com
2. Aricle checker
3. Plagium
4. Dustball
5. Plagiarismcheck.org
6. Doc Cop
7. Search engine reports - plagiarism checker
8. Free Plagiarism Checker - ITS
9. Dupli checker

Ternyata banyak juga ya Sob! Cara kerja situs-situs ini tidak jauh beda dengan copyscape. Cuma masukkan URL saja dan kita bisa tahu hasilnya.

Oya, selain kita cari siapa pencuri yang copas artikel kita mentah-mentah, situs tersebut bisa juga untuk cek ADAKAH artikel kita yang SAMA dengan artikel blog orang lain. Ini biasanya terjadi ketika kita mengutip/mengambil kutipan pada sebuah artikel ilmiah dan semacamnya Sob! Tapi, asal kita mengutipnya DENGAN MENGGUNAKAN KAIDAH PENGUTIPAN, dengan tanpa mengesampingkan sumber kutipan, maka abaikan analisis checker tersebut Sob!

Kita baru katakan pencuri kalau mereka tidak menggunakan kaidah pengutipan yang benar/tidak menyertakan sumber dari artikel kita Sob! Kalau yang seperti ini, pertanyaan ane tadi kembali ane utarakan sob! Yaitu enaknya kita apain para pencuri artikel supaya kapok?

Kalau ane ya Sob, para pencuri ini bakalan ane "serang" situsnya sob. Bukan dengan cara hack, tapi CUKUP dengan cara ane share bahwa situs tersebut adalah hasil plagiat dari artikel ane. Ane ingin hancurin kredibilitas blog tersebut Sob. tentu saja ane juga peringatkan admin/pemilik blog supaya memperbaiki sikapnya. Kalau dengan cara tersebut masih aja NDABLEG, maka ane lapor aja ke Google berkaitan dengan PENCURIAN ARTIKEL, SOB!!!! (Kalau udah begini, dia mau apa lagi? Hahaha)

Oke mungkin gitu dulu ya Sob?! Sebelum ane tambah emosi dan nulis ngelantur. Semoga postingan tentang cara mengetahui pencuri artikel di blog kita ini bermanfaat bagi sobat semua!

Salam sukses ya Sob!


LihatTutupKomentar