-->

Cara Ekspor dan Impor Blog (Cara Backup Konten Blog)

Portal Tricks - Cara Ekspor dan Impor Blog / Cara Backup Konten Postingan Blog


portal tricks

APA ITU EKSPOR DAN IMPOR BLOG?

Ekspor blog adalah memindahkan atau menyimpan konten suatu blog ke blog lain atau hanya memindahkan blog ke hardisk komputer Sobat. Formatnya adalah Blogger Atom (file XML). Adapun blog yang diekspor ini tidak akan berubah, tetap ada di blogger apabila sobat tidak menghapusnya secara manual.

Sedangkan Impor blog adalah memindahkan atau menggabungkan entri blog yang telah diekspor tadi ke dalam suatu blog. 

Pada aktivitas ekspor dan impor ini, tidak hanya memuat pos artikel blog saja, melainkan juga termasuk komentar pada pos blogger tersebut.

FUNGSI EKSPOR DAN IMPOR BLOG
 
Salah satu fungsi penting dari impor dan ekspor blog, yang pertama adalah untuk membuat salinan (backup) dari konten sebuah blog yang kita kelola. Hal ini akan bermanfaat bagi kita apabila sewaktu-waktu blog yang kita kelola ini tiba-tiba terhapus. Atau seperti pengalaman buruk ane yaitu blog yang ane kelola kena retas/hack oleh hacker sialan. 

Ane sih tidak berharap hal-hal buruk tersebut terjadi pada blog kita-kita, akan tetapi apabila ternyata betul-betul terjadi, maka konten blog kita tetap aman (tidak hilang). Ya, karena kita sudah mem-backup-nya.

Fungsi yang kedua, adalah untuk memindahkan konten/postingan sebuah blog ke blog yang lainnya, atau dari blog lama ke blog baru. Biasanya hal ini terjadi ketika kita sudah bosan atau ingin ganti blog yang lebih fresh.  Bisa juga karena kita keteteran mengelola beberapa blog sekaligus, dan mulai menyederhanakan atau menggabungkan blog-blog yang "sejenis" menjadi satu. Misalnya, kita punya blog dengan niche komputer, dan satunya lagi dengan niche android. Maka kita gabungkan kedua blog tersebut menjadi komputer dan android.  

Nah, pada posting kali ini, ane akan sedikit berbagi cara ekspor dan impor blog untuk kedua tujuan yang ane sebutkan tadi. Caranya cukup mudah. Mari kita simak, Sob! :)
Langkah-Langkah dan Cara Ekspor Blog / Backup Blog

1. Silakan sobat masuk ke dasbor blog
2. Sobat pilih blog yang hendak dieskpor/dibackup
3. Di menu sebelah kiri, pilih/klik setelan > lainnya
4. Pada bagian "Alat Blog", klik EKSPOR BLOG > Unduh Blog
5. Seperti yang ane sampaikan tadi, file yang kita unduh akan berbentuk file ekstensi XML. Misalnya blog-02-16-2016.xml
6. Simpan file unduhan tersebut di hardisk sobat.

Nah, selesai. Dengan demikian, sobat telah berhasil membuat salinan/backup dari blog sobat. File unduhan tersebut bisa sobat pindahkan ke blog lain, atau post-kan kembali di blog sobat apabila sewaktu-waktu blog sobat mendadak hilang secara "misterius", yaitu dengan cara IMPOR BLOG :)
catatan: Untuk menyimpan backup/salinan template blog sobat, silakan buka menu di sebelah kiri, pilih template, dan klik cadangkan/pulihkan.
Langkah-Langkah / Cara Impor BLOG

1. Masuk ke dasbor blogger sobat
2. Pilih blog yang hendak sobat gunakan untuk impor
3. Di menu sebelah kiri, klik setelan > lainnya  (Sampai di sini, caranya masih sama dengan EKSPOR Blog, Sob) Hehehe
4. Selanjutnya, pada bagian "Alat Blog", klik IMPOR BLOG
5. Pilihlah file.xml (yang telah sobat unduh saat proses ekspor blog tadi) dari hardisk komputer Sobat
6. Klik publikasikan, centang juga "terbitkan semua entri yang diimpor secara otomatis"
7. Selesai, maka pada blog sobat kini telah berhasil mengimpor konten pos dan komentar yang diurutkan secara otomatis menurut tanggal posting dari blog sebelumnya. :)

Mudah sekali bukaan? Demikianlah cara ekspor dan impor blog (cara backup konten blog). 
Semoga bermanfaat bagi Sobat.
Salam sukses selalu.

LihatTutupKomentar